Selasa, 01 Oktober 2013

5 Komponen Utama JarKomp-Network Device dan NOS (PART III)

4. Network Device
yaitu Peralatan / perangkat yang digunakan dalam  jaringan komputer, antar lain : 
a.       HUB
b.       Switch
c.       Router
d.      Host
e.       AP (Acces Point)
f.        Bridge

a.       HUB (wikipedia). Hub adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.
Fungsi HUB :
  • Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation
  • Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )
  • Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI )
  • Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )
  • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)

b.       Switch. Switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.

c.       Router. Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

d.      Host
                                  
Host atau terminal adalah perangkat yg di gunakan user dalam menjalankan sotware aplikasi jaringan komputer. Biasanya di gunakan Personal Komputer (PC) sebagai fungsi host. Spesifikasi yang di gunakan mengharuskan penambahan peripheral, yaitu NIC (Network Interface Card) fungsinya penghubung antara sistem kerja host dengan media tranmisi/network yang menghubungkan satu host dengan host lain.

e.       AP (Acces Point). Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Access Point dalam jaringan komputer, sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
Wireless Access Point (WAP/AP) adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.
Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network). 

f.        Bridge. Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan antarhost/terminal jaringan secara fisik dapat menghubungkan media wireline dengan sesama wireline atau dengan media wireless. Salah satu fungsi bridge adalah membentuk sebuah collision domain, yaitu segmentasi jaringan berdasarkan fisik sehingga jika beberapa host tergabung dalam satu collision domain di mungkinkan terjadi tabrakan paket data (collision) jika setiap paket data tersebut dikirimkan dalam satu waktu yang bersamaan. Melalui bridge host/terminal akan berkomunikasi menggunakan pengalamatan fisik (MAC) dengan pertukaran ARP.
Segmentasi network, selain menggunakan istilah collision domain, dapat juga pula menggunakan istilah broadcast domain, yaitu segmentasi jaringan berdasarkan network, pembatas segmentasi jaringan ini menggunakan yang disebut router. Host/terminal yang berada dalam satu jaringan secara logika terdapat dalam satu kesatuan broadcast domain, pengiriman datanya dilakukan secara langsung.
Berdasarkan interkoneksi medianya, bridge dikategorikan pada dua macam, yaitu:
a)       Ethernet bridge, yaitu bridge yang mengkoneksikan media kabel yang satu dengan media kabel lainnya,   contoh penggunaannya dapat dilihat pada hub,switch, atau modem.
b)      Wireless bridge, yaitu bridge yang dengan salah satu atau beberapa media yang dikoneksinya adalah media wireless. Aplikasinya dapat di lihat pada fungsi Acces Point untuk implementasi Hostpot.

5. Network Operating System (NOS) 
Sistem Operasi yang digunakan pada komputer baik server maupun client. NOS yang umum digunakan yakni windows, linux, mac OS.
Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade1990-an.
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
·         Microsoft MS-NET
·         Microsoft LAN Manager
·         Novell NetWare
·         Microsoft Windows NT Server
·         GNU/Linux
·         Banyan VINES
·         Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris


0 komentar:

Posting Komentar

 
;